Melirik Kecantikan Gua Buniayu

Sebuah kecantikan yang terpendam takkan pernah kita ketahui jika kita tidak berusaha untuk mengenalnya, menelusuri, dan menyentuhnya. Inilah Gua Buniayu yang oleh masyarakat setempat dulunya dikenal sebagai Gua Siluman.

Menurut mereka, dulunya tidak ada satupun orang yang berani datang apalagi mendekati gua ini karena mereka percaya dengan keangkeran yang dimiliki oleh gua Buniayu beserta para siluman dan makhluk-makhluk aneh yang menghuni gua cantik ini. Barangsiapa yang masuk, maka akan jatuh sakit atau mendapat mimpi buruk pada malam harinya.

Ini adalah kepercayaan masyarakat setempat kala itu, masalah percaya atau tidak itu terserah kepada keyakinan anda sendiri. Namun, menurut saya sangat disayangkan bila keanggunan berikut kemistisan yang bersembunyi di balik gua ini tidak kita singkap dan menyaksikan betapa ciptaan Tuhan tak ada bandingannya.

Selain Gua Siluman, gua ini juga dikenal dengan nama Gua Cipicung oleh warga setempat. Nama ini diambil dari nama desa yang berada di dekat gua tersebut. Namun, oleh pihak Perhutani yang berperan sebagai pengelola telah menetapkan nama Buniayu untuk gua ini.

Nama Buniayu tersebut diambil dari bahasa Sunda, yaitu kata “Buni” dan “Ayu” yang jika digabung memiliki arti “kecantikan yang tersembunyi”. Wah, tampaknya mereka tidak salah menamainya sebagai Buniayu.😉

Gua ini terletak di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Berada di ketinggian sekitar 773m di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata mencapai 25 derajat Celcius. Gua Buni Ayu merupakan gua alam yang masih alami. Di dalamnya anda akan menemukan stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, gourdam, canopy, dan ornamen gua lainnya.

Disini juga ditemui kehidupan bawah tanah seperti lipan, laba-laba, kalajengking, jangkrik, kodok, ikan gua, kadal, ular, udang, walet, kelelawar dan beberapa hewan unik lainnya. Sebagian dari hewan tersebut tidak memiliki mata, karena binatang tersebut telah mengalami perubahan fungsi indera karena pengaruh lingkungan gua yang gelap.

Hanya 20% dari gua ini yang dibuka untuk umum dan sisanya hanya bisa dieksplorasi untuk mereka yang sudah berpengalaman dengan kualifikasi, izin dan keterampilan khusus.

Goa ini terdiri dari 2 buah goa. Goa wisata dengan jarak sekitar 300 meter adalah goa yang lebih sering ditujukan untuk para wisatawan dan juga bagi mereka yang masih pemula. Goa yang kedua ditujukan untuk kalangan profesional dengan jarak 2,5 Km yang dapat ditempuh sekitar 3 hingga 5 jam perjalanan.

Sangat beruntung bagi mereka yang sudah profesional, sebab di gua yang dikhususkan tersebut memiliki ornamen yang jauh lebih indah dibanding gua yang dikunjungi oleh para pemula. Ada sungai bawah tanah, air terjun, serta danau dalam gua dengan luas sekitar satu hektar yang pasti akan membuat anda terpesona.

Jangan lupa untuk mengenakan perlengkapan khusus untuk caving, bawalah makanan dan minuman secukupnya, dan yang terpenting adalah manfaatkanlah jasa pemandu lokal dan orang-orang berpengalaman untuk mendampingi anda agar tidak tersesat.

Wana wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan roda dua maupun empat. Jarak tempuh dari Sukabumi 26km. Kondisi jalannya umumnya baik dan beraspal. Sarana transportasi umum yang ada berupa colt dan bis menuju Sagaranten.

Gua ini sangat mudah dicapai, setelah sampai di Sukabumi langsung saja ambil jalur ke Segaraanten. Setelah sampai di pertigaan ke arah Nyalindung dan Segaranten, pilih jalur Segaraanten. Setelah sekitar 1.5 km, maka anda akan sampai di pintu gerbang Gua Buniayu. Sekitar 500 meter dari pintu gerbang anda akan bertemu dengan gua cantik ini.

Gua Buniayu ini menyimpan sejuta pesona yang menjadikannya layak dijual sebagai komoditi pariwisata. Tidak hanya pemandangan dalam guanya saja yang menarik, sekitar 3,3 kilometer dari gua juga terdapat air terjun yang cantik dan bisa anda kunjungi sekaligus mencuci lumpur-lumpur yang menempel dibadan anda ketika menyusuri si cantik Buniayu.

Air terjun ini bernama Curug Bibijilan yang mengalir di sekelompok batuan kapur dan rasakan sensasi pendakian yang unik yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke sana suatu saat nanti.

Puas rasanya saya menyentuh sebuah ciptaan yang dianugerahi segala keanggunan di tempat ini, kesejukan alam sekitar, dan menimbulkan kedamaian dalam hati. Entah mengapa rasanya aku ingin sekali lagi berkunjung ke sini. Berkunjung ke surga-surga Indonesia benar-benar membekas dan terkenang di memori perjalanan saya. Anda patut mencobanya😉.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s