Serunya Bermalam di Wana Wisata Cangkuang

Beberapa hari yang lalu kami berkunjung ke Sukabumi berputar-putar mengelilingi objek-objek wisata yang indah dan penuh cerita, legenda, dan sejarah. Kali ini kita bersantai dulu di wana wisata Cangkuang yang berada di desa Cidahu Kabupaten Sukabumi yang letaknya tidak begitu jauh dari kota Jakarta. Lokasinya bersebelahan dengan Javana Spa.

Dari jalan raya utama Ciawi-Sukabumi belok kanan, masuk setelah pasar Cicurug. Setelah itu belok kanan sampai menemukan billboard “Javana Spa”. Selanjutnya, ikuti saja jalan aspal yang ada di sana yang nanti akan membimbing kita menuju wanawisata Cangkuang.

Kawasan Wana Wisata Cangkuang ini berada pada ketinggian 1.300 hingga 2.000 meter dari permukaan laut. Udara di kawasan ini tidak begitu menggigit seperti wanawisata sebelumnya, tapi sudah lumayan sejuk yakni sekitar 22 C hingga 25 C sehingga cocok untuk mereka yang tidak tahan dengan udara yang sangat dingin.

Wana wisata alam ini tidak hanya menyediakan area perkemahan untuk mendirikan tenda tapi juga menyediakan pondok penginapan untuk para pengunjung yang sedang tidak ingin tidur di tenda :D. Pondok ini mampu menampung hingga 80 orang dan hampir semua penginapan memiliki nama seperti nama tumbuhan. Ada Cantigi, Beringin, Damar, Jati, Pinus, Sonokeling, Mahoni – Puspa, Saminten – Jamuju, Kesambi – Kaliandra, dan sebagainya.

Dari atas teras penginapan anda bisa mengambil banyak gambar disana karena pemandangannya yang luar biasa, sawah, pepohonan, dan pesona lembah antara Gunung Salak dan Gunung Gede-Pangrango.

Tapi pemandangan yang didapatkan tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan pemandangan jika anda berada di area hutan lindung dan memutuskan untuk tidur di tenda yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang rimbun dan besar-besar :D. Area perkemahan ini bisa anda temui di sekitar pondok dan di kawasan hutan lindung dengan empat areal tempat berkemah.

Untuk anda yang memilih untuk mendirikan tenda sebaiknya anda membawa tenda sendiri dan carilah lokasi yang dekat dengan fasilitas kamar mandi umum dan juga dekat dengan parkiran mobil anda sehingga anda tidak perlu was-was dengan keamanan mobil anda.

Sekitar 4 kilometer dari pondok penginapan anda akan menemukan salah satu objek wisata yang sungguh luar biasa cantik. Sebuah kawah seluas 30 hektar yang didalamnya mengalir air bersuhu panas dan dingin. Selain itu di sana juga terdapat sumber air panas yang menyembur seperti air mendidih. Dialah Kawah Ratu yang sangat mempesona juga menjadi atraksi utama yang diminati sebagian besar pengunjung yang bermalam di wana wisata Cangkuang.

Di wana wisata alam ini anda juga bisa mengunjungi air terjun yang jaraknya lumayan jauh dari areal perkemahan jika dilalui dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar setengah jam atau lebih. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer dari pinggir jalan aspal (dekat pintu masuk gerbang) dengan melewati kawasan hutan pinus. Jalan setapak yang dilalui juga terkadang cukup curam dan berbatu, tapi tenang saja keindahan dan suara-suara khas hutan akan menghibur anda selama perjalanan berlangsung.

Begitu anda sudah sampai di tempat tujuan, maka rasa letih dan pegal anda selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan air terjun/curug Cangkuang. Airnya benar-benar jernih dan indah, juga cukup hangat. Warna dasar sungainya kuning kehijauan, ini akibat endapan belerang. Nah, karena air ini mengandung asam sulfida, banyak orang yang meyakini bahwa air di sungai ini dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit. Jadi sempatkanlah diri anda untuk berendam atau sekedar mencuci kaki yang lelah di curug ini sembari menikmati terjunan air yang berkilau.

Selain Curug Cangkuang masih ada beberapa curug di wana wisata ini yang menunggu anda untuk dikunjungi, seperti Curug Dua Unak yang beradak sekitar 2 km dari Curug Cangkuang. Ada juga Curug Sawer, Curug Aul dan Curug Supit yang juga masing-masing berjarak sekitar 1 km dari Curug Cangkuang. Tapi itu semua tergantung dari seberapa besar stamina anda dalam menaklukkan track-track menuju curug-curug terebut.

Nah, jika anda berjalan-jalan ke Sukabumi jangan lewatkan wana wisata alam yang satu ini.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s